Nurmala Sari, Vivi (2013) Studi Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) dan Tanpa TGT pada Materi Hidrokarbon. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_VIVI_NURMALA_SARI_96959_4014_2013.pdf [thumbnail of final_B1_7_VIVI_NURMALA_SARI_96959_4014_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_VIVI_NURMALA_SARI_96959_4014_2013.pdf
Download (495kB)
Abstract
Hidrokarbon merupakan materi yang mengandung konsep-konsep yang harus dipahami siswa sehingga dibutuhkan banyak latihan berupa soal-soal. Model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang dapat membantu siswa dalam memahami materi hidrokarbon karena memberikan kesempatan kepada siswa untuk melatih kecepatan dalam mengerjakan soal-soal saat turnamen. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perbedaan hasil belajar siswa antara menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan tanpa TGT pada materi hidrokarbon di kelas X SMAN 8 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian Randomized Control-Group Posttest Only Design yang diperluas. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 8 Padang tahun ajaran 2012/2013 dan sampel penelitian yaitu kelas X4 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas X8 sebagai kelas eksperimen 2. Hasil uji normalitas dan homogenitas kedua kelas sampel diperoleh bahwa sampel terdistribusi normal dan mempunyai varians yang homogen. Setelah dilakukan uji-t pada taraf nyata 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) sebesar 66 diperoleh thitung sebesar 8,11sedangkan ttabel sebesar 1,67. Dari hasil penelitian terlihat bahwa hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi secara signifikan dibandingkan tanpa TGT dalam materi hidrokarbon di kelas X SMA Negeri 8 Padang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kooperatif, TGT |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia-S1 |
Depositing User: | Zul Fikri Haikal |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 08:04 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 08:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20292 |