Delismita, Delismita (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi dengan Menggunakan Teknik Kalimat Mengalir di Kelas IV SD Negeri 20 Indarung Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DELISMITA_PUSRA_09335_4431_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_DELISMITA_PUSRA_09335_4431_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_DELISMITA_PUSRA_09335_4431_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Keterampilan menulis karangan deskripsi siswa masih rendah, siswa belum mampu menggunakan kalimat dengan runtut, ide yang digunakan masih kaku/sempit dan paragraf yang dibuat kurang padu, penyebabnya adalah guru kurang menerapkan langkah-langkah dalam menulis. Permasalahan yang akan diteliti adalah bagaimana peningkatan keterampilan menulis deskripsi dengan menggunakan teknik kalimat mengalir siswa kelas IV SD Negeri 20 Indarung Lubuk Kilangan Kota Padang. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis deskripsi dengan menggunakan teknik kalimat mengalir siswa kelas IV SD Negeri 20 Indarung Lubuk Kilangan Kota Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 20 Indarung Lubuk Kilangan Kota Padang yang berjumlah 36 orang. Penelitian ini terdiri dari siklus I dan siklus II. Prosedur penelitian terdiri dari : studi pendahuluan/refleksi awal, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Data penelitian diperoleh dari hasil pengamatan, hasil dokumentasi, dan hasil pembelajaran menulis. Penelitian ini merupakan data dari pelaksanaan peningkatan kemampuan menulis deskripsi pada tahap prapenulisan, penulisan, dan pascapenulisan.
Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini mengalami peningkatan, siklus I rata-rata nilai belajar siswa 63,53 sedangkan pada siklus II meningkat rata-rata 80,64. Dengan demikian teknik kalimat mengalir bisa dimanfaatkan dalam proses pembelajaran menulis karangan deskripsi. Dengan teknik kalimat mengalir, siswa sudah mampu membuat karangan deskripsi dengan ide/gagasan yang dikemukakan, keruntunan kalimat dan penggunaan EYD yang tepat. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah teknik kalimat mengalir dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi di kelas IV SD Negeri 20 Indarung Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menulis deskripsi, teknik kalimat mengalir, keterampilan menulis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Gilang Maulana Rasyid |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 08:04 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 08:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20289 |