Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) di Kelas IV SDN 11 Pahambatan Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam

Surtini, Surtini (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) di Kelas IV SDN 11 Pahambatan Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SURTINI_93762_2084_2016.pdf] Text
final_B1_6_SURTINI_93762_2084_2016.pdf

Download (571kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di kelas IV SD Negeri 11 Pahambatan Kabupaten Agam, bahwa hasil belajar PKn di semester 1 masih rendah. Hal ini disebabkan karena guru hanya menggunakan metode ceramah selama proses pembelajaran. Solusi untuk mengatasi permasalahan di atas adalah dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray (TS-TS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray (TS-TS). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah peneliti sebagai guru dan siswa kelas IV SDN 11 Pahambatan Balingka Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam. Prosedur penelitian dibagi menjadi 5 kegiatan yaitu studi pendahuluan, perencanaan, pelaksanaan, pengamamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian dari setiap siklus terjadi peningkatan. Terlihat dari hasil pengamatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) pada siklus I adalah 79,7% dengan kualifikasi baik dan pada siklus II 87,4% dengan kualifikasi baik. Aktivitas guru pada Sikus I adalah 76,77% dengan kualifikasi baik, sedangkan pada siklus II adalah 85,71% dengan kualifikasi sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I adalah 76,77% dengan kualifikasi baik dan pada siklus II adalah 85,71 dengan kualifikasi sangat baik. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 72,5 dengan kualifikasi cukup dan pada siklus II adalah 84,5 dengan kualifikasi baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray (TS-TS)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 04 Aug 2025 08:03
Last Modified: 04 Aug 2025 08:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20286

Actions (login required)

View Item
View Item