Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Kelas IV SD N 16 Koto Balingka

Elyaros, Elyaros (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Kelas IV SD N 16 Koto Balingka. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ELYAROS_58396_125_2013.pdf] Text
final_B1_6_ELYAROS_58396_125_2013.pdf

Download (327kB)

Abstract

Penelitian ini berasal dari kenyataan di lapangan yaitu di Kelas IV SD N 16 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat bahwa hasil belajar PKn masih rendah dengan hali ini disebabkan oleh ketidaktepatan guru menggunakan pendekatan dalam pembelajaran. melihat fenomena di atas peneliti tertarik menerapkan Pendekatan Kooperatif Group Investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn dengan pendekatan kooperatif tipe Group Investigation (GI) di kelas IV SD N 16 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 16 Koto Balingka, Kabupaten Pasaman Barat yang berjumlah 20 anak, yang terdiri dari 9 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data berupa observasi, dan dokumentasi anak, selanjutnya diolah dengan teknik persentase. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus.
Hasil penelitian disetiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan pendekatan Group Investigation (GI) di kelas IV SD N 16 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat. Hasil penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran pada siklus I pertemuan I adalah 78%, pertemuan II 78%, pada siklus II pertemuan I meningkat menjadi 82% dan meningkat lagi pada pertemuan II menjadi 100%. Rata-rata Hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama 64 dengan persentase ketuntasan 55 %, Pertemuan II 70 dengan persentase ketuntasan 75%. siklus II, pertemuan pertama 75 dengan persentase ketuntasan 95%, dan pada pertemuan II yakni 80,3 dengan persentase ketuntasan 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan pendekatan kooperatif Group Investigation (GI) dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, PKn, Kooperatif Tipe Group Investigation
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mabruri Haulia Fadri
Date Deposited: 04 Aug 2025 08:03
Last Modified: 04 Aug 2025 08:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20284

Actions (login required)

View Item
View Item