Supriani, Supriani (2012) Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Mencari Pasangan Kartu (MPK) Bagi Siswa Kelas III SDN 17 Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_SUPRIANI_58315.pdf [thumbnail of final_B1_6_SUPRIANI_58315.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_SUPRIANI_58315.pdf
Download (529kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca Intensif dalam membaca Intensif. Siswa kurang mampu dalam mengajukan pertanyaan yang terdapat pada teks bacaan, maka dengan menggunakan model kooperatif tipe MPK siswa mampu mengajukan pertanyaan/menjawab pertanyaan dengan cepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan peningkatan membaca Intensif dengan model kooperatif tipe MPK. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas), penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 17 Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat yang berjumlah 18 orang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan observasi, dan evaluasi (tes). Penelitian dilakukan dengan 2 siklus, masing-masing siklus dilakukan 1 kali pertemuan. Pertemuan tindakan yaitu, tahap pra baca, tahap saatbaca, tahap pasca baca. Instrumen yang digunakan yaitu lembaran observasi, untuk guru dan siswa tujuannya adalah untuk melihat kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru dan siswa, dan lembar kerja siswa. Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini terlihat peningkatan kemampuan membaca intensif siswa dari evaluasi tindakan siklus I tahap pra baca memperoleh nilai 62,3, tahap saatbaca memperoleh nilai 65,9, dan tahap pasca baca memperoleh nilai 67.3. Sedangkan pada evaluasi tindakan siklus II pada tahap pra baca memperoleh nilai 85,6, tahap saatbaca memperoleh nilai 81,9, pada tahap pasca baca memperoleh nilai 78.9. dan tingkat ketuntasan siklus I 68.1 menjadi 78.3 pada siklus II. Hasil pengamatan terlihat peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Maka dapat disimpulkan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan model kooperatif tipe MPK dapat meningkatkan kemampuan membaca intensif.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | embaca Intensif, Model Kooperatif Tipe Mencari Pasangan Kartu (MPK) |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 08:03 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 08:03 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20279 |