Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Inquiri di Kelas VI SD Islam Jihad

Suprianti, Suprianti (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Inquiri di Kelas VI SD Islam Jihad. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SUPRAYANTI_09725_3391_2012.pdf] Text
final_B1_6_SUPRAYANTI_09725_3391_2012.pdf

Download (126kB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi. Berdasarkan pengalaman peneliti sebagai guru yang mengajar di SD Islam Jihad Padang Panjang bahwa pembelajran IPA belum berjalan sebagaimana yang diharapkan.Berdasarkan refleksi awal yang peneliti lakukan,nilai pembelajaran IPA di SD Islam Jihad masih rendah,untuk itu peneliti melalui penelitian tindakan kelas ini ingin mencoba meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan pendekatan inquiri pada siswa kelas VI SD Islam Jihad Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan,refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, catatan lapangan, dan tes. Subjek peneliti adalah guru sebagai peneliti (praktisi) dan siswa kelas VI yang berjumlah 32 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penilaian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah penilaian proses (afektif dan psikomotor), penilaian hasil (kognitif) dan rambu-rambu lembaran pengamatan penggunaan pendekatan inquiri dari aspek guru dan siswa. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa diadakan tes yang dianalisis dengan menggunakan penilaian dengan tolok ukur keberhasilan kelas minimal 70%. Hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan inquiri pada siklus I dan II mengalami peningkatan di mana nilai rata-rata pada siklus I diperoleh rata�rata 69 dan pada siklus II rata-rata 85. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan inquiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SD Islam Jihad Padang Panjang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pendekatan Inquiri
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 04 Aug 2025 08:02
Last Modified: 04 Aug 2025 08:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20269

Actions (login required)

View Item
View Item