Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual di Kelas IV SD Negeri 06 Padang Sawah Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman

Delianis, Delianis (2016) Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual di Kelas IV SD Negeri 06 Padang Sawah Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DELIANIS_52387_3114_2016.pdf] Text
final_B1_6_DELIANIS_52387_3114_2016.pdf

Download (628kB)

Abstract

Berdasarkan pengalaman peneliti pada pembelajaran IPA di SD Negeri 06 Padang Sawah, siswa menerima langsung materi dari guru, siswa tidak dilatih untuk menemukan dan mengemukakan pendapatnya sehingga siswa tidak terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini terlihat dari nilai ujian mid semester IPA 2013/2014 yang skor rata-rata 62 dari KKM 70. Karena itu peneliti berupaya memperbaiki hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan pendekatan Kontekstual di kelas IV SDN 06 Padang Sawah.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian terdiri dari data perencanaan, data pelaksanaan dan hasil penelitian. Sedangkan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD N 06 Padang Sawah.
Dengan menggunakan langkah-langkah pendekatan kontekstual yaitu, mengembangkan pemikiran siswa, melaksanakan kegiatan inquiri, mengembangkan sifat ingin tahu siswa dengan bertanya, menciptakan masyarakat belajar, menunjukkan model sebagai contoh pembelajaran, melakukan refleksi di akhir pertemuan, dan melakukan penilaian yang sebenarnya.
Hasil penelitian siklus I memperlihatkan penilaian RPP sebesar 75% dan pada siklus II sebesar 93%. Aspek guru pada siklus I 90% dan pada siklus II 96%. Aspek siswa pada siklus I 86% dan pada siklus II 93%. Persentase aspek kognitif pada siklus I diperoleh 68 dan pada siklus II 84. Aspek afektif pada siklus I diperoleh nilai 67 dan pada siklus II 82. Aspek psikomotor pada siklus I sebesar 67 dan pada siklus II 82. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 06 Padang Sawah Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPA, pendekatan kontekstual, PTK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Gilang Maulana Rasyid
Date Deposited: 04 Aug 2025 08:02
Last Modified: 04 Aug 2025 08:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20268

Actions (login required)

View Item
View Item