Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivistik Bagi Siswa Kelas V SDN 01 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang

Supratmi, Supratmi (2012) Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivistik Bagi Siswa Kelas V SDN 01 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SUPRATMI_00063_3947_2012.pdf] Text
final_B1_6_SUPRATMI_00063_3947_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPA yang masih berpusat pada guru sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam pembelajaran. Selain itu, guru kurang membangun pengetahuan siswa berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan pendekatan konstruktivistik bagi siswa kelas V SDN 01 Bandar Buat kecamatan Lubuk Kilangan kota Padang. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam II siklus masing-masing siklus terdiri dari 2 x pertemuan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar tes, dan catatan lapangan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 01 Bandar Buat kecamatan Lubuk Kilangan kota Padang yang berjumlah 35 orang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) Penilaian RPP siklus I diperoleh rata-rata nilai 75% dan siklus II meningkat menjadi 87,5%, b) penilaian aktivitas guru pada siklus I diperoleh rata-rata nilai 83,9% dan siklus II meningkat menjadi 94,5%, c) penilaian aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata nilai 80,6% dan siklus II meningkat menjadi 91,2%, d) penilaian hasil belajar pada siklus I diperoleh rata-rata nilai 73,8% dan siklus II meningkat menjadi 81,6%. Dengan demikian, pendekatan konstruktivistik dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 01 Bandar Buat kecamatan Lubuk Kilangan kota Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Menggunakan Pendekatan Konstruktivistik
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 04 Aug 2025 08:00
Last Modified: 04 Aug 2025 08:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20257

Actions (login required)

View Item
View Item