Gustia, Yance (2015) Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Awal Anak Melalui Permainan Pohon Abjad di PAUD Mari Sehat Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_YANCE_GUSTIA_1209676_441_2015.pdf [thumbnail of final_B1_7_YANCE_GUSTIA_1209676_441_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_YANCE_GUSTIA_1209676_441_2015.pdf
Download (1MB)
Abstract
Kemampuan anak dalam menyebutkan symbol-simbol huruf vocal,menyebutkan symbol-simbol huruf konsonan, menghubungkan gambar/benda denganhuruf awal yang sama disebabkan karena metode yang kurang tepat. Tujuan penelitanini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf awal anak melaluipermainan pohon abjad.Jenis penelitan ini adalah Penelitian Tindakan kelas (Classroom ActionReseach) subjek penelitian ini adalah anak PAUD Mari Sehat kelompok bermaindengan jumlah anak 10 orang yang terdiri dari laki-laki 3 orang, perempuan 7 orang.Data penelitian diperoleh dari observasi dan dokumentasi diolah dengan teknikpersentase.Penelitian ini dilakukan 2 siklus setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan.Hasil penelitian disetiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatankemampuan mengenal huruf awal anak melalui permainan pohon abjad dari siklus Ipada umumnya masih rendah, setelah dilakukan tindakan pada sikluh II mengalampeningkatan. Berdasarkan hasil tindakan yang telah dilakukan dapat dinyatakan bahwaterjadinya diambil peningkatan kemampuan mengenal huruf awak anak melaluipermainan pohon abjad. Sebelum tindakan kemampuan anak belum mencapai kriteriaketuntasan maksimal (KKM) setelah tindakan mengalami peningkatan maka permainanpohon abjad telah berhasil meningkatkan kemampuan mengenal huruf awal anak.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Huruf Awal, Pohon Abjad, Kemampuan Literasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 07:38 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 07:38 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20255 |