Afrianti, Deli Sukma (2016) Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Pendekatan Proses Membaca bagi Siswa Kelas III SDN 07 Sumanik Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DELI_SUKMA_AFRIANTI_1307196_3104_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_DELI_SUKMA_AFRIANTI_1307196_3104_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_DELI_SUKMA_AFRIANTI_1307196_3104_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan dilapangan SDN 07 Sumanik, bahwa dalam proses pembelajaran siswa mengalami kesulitan memahami isi teks bacaan, menjawab pertanyaan mengenai isi teks bacaan, dan menjelaskan isi bacaan. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan pendekatan proses membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikaan peningkatan keterampilan membaca pemahaman dengan menggunakan pendekatan proses membaca pada tahap prabaca, saatbaca, dan pascabaca.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa dalam proses pembelajaran.
Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa hasil yang diperoleh siswa pada tahap prabaca 66,66, pada tahap saatbaca 58,33, dan pada tahap pascabaca 56,25, sedangkan persentase hasil pembelajaran siswa siklus I adalah 68,75 %, dan guru pada siklus I adalah 79,16 %. Pada siklus II hasil yang diperoleh siswa pada tahap prabaca 84,72, pada tahap saatbaca 80,05, dan pada tahap pascabaca 77,77, sedangkan persentase hasil pembelajaran siswa siklus II adalah 91,66 %, dan guru pada siklus II adalah 95,83 %. Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa keterampilan membaca pemahaman dengan menggunakan pendekatan proses membaca dapat meningkat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan membaca pemahaman, pendekatan proses membaca, pembelajaran bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Gilang Maulana Rasyid |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 08:00 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 08:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20251 |