Deskripsi Kesulitan Belajar Kimia Siswa pada Materi Termokimia di SMA Negeri 7 Padang

Erwanty, Wynda (2015) Deskripsi Kesulitan Belajar Kimia Siswa pada Materi Termokimia di SMA Negeri 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_WYNDA_ERWANTY_1106334_1020_2015.pdf] Text
final_B1_7_WYNDA_ERWANTY_1106334_1020_2015.pdf

Download (860kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesulitan belajar kimia siswapada materi termokimia. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 7Padang yang terdaftar pada semester Juli-Desember 2014, dengan subjekpenelitian kelas XI IPA 2 sebanyak 31 orang yang diperoleh dari teknik randomcluster. Instrumen penelitian adalah tes bentuk uraian dan wawancara. Tes uraianyang digunakan bersumber dari soal-soal Ujian Nasional yang telah dimodifikasidan beberapa sumber lain yang terdiri dari 6 soal, agar memberikan data yangbaik maka sebelum dilakukan tes terhadap sampel maka dilakukan uji validitas,reliabilitas, indeks kesukaran, dan daya beda terhadap instrumen. Teknik analisisdata yang dipakai adalah analisis deskriptif. Berdasarkan analisis data tes uraiandiperoleh deskripsi kesulitan siswa dalam mempelajari materi termokimia tiapindikator soal meliputi: kesulitan siswa dalam membedakan reaksi eksoterm danreaksi endoterm berdasarkan data hasil percobaan tergolong rendah (27.4%),kesulitan siswa dalam membedakan reaksi eksoterm dan reaksi endotermberdasarkan reaksi termokimia tergolong sangat rendah (4.8%), kesulitan siswadalam menentukan H reaksi berdasarkan hukum Hess tergolong cukup tinggi(50.0%), kesulitan siswa dalam menentukan H reaksi berdasarkan data hasilpercobaan tergolong tinggi (61.3%), kesulitan siswa dalam menentukan H reaksiberdasarkan data perubahan entalpi pembentukan standar tergolong cukup tinggi(58.1%), kesulitan siswa dalam menentukan H reaksi berdasarkan data energiikatan tergolong cukup tinggi (46.8%). Berdasarkan hasil temuan pada wawancarakesulitan yang dialami siswa pada konsep prasyarat akan berimbas padapemahaman siswa pada materi selanjutnya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan belajar, Termokimia
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 04 Aug 2025 07:37
Last Modified: 04 Aug 2025 07:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20245

Actions (login required)

View Item
View Item