Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Problem Solving pada Pembelajaran PKn di Kelas VI SD Negeri 19 Batuang Taba Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang

Suparna, Suparna (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Problem Solving pada Pembelajaran PKn di Kelas VI SD Negeri 19 Batuang Taba Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SUPARNA_09568_2421_2012.pdf] Text
final_B1_6_SUPARNA_09568_2421_2012.pdf

Download (861kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada pembelajaran PKn di kelas VI SDN 19 Batuang Taba guru lebih sering menggunakan metode ceramah dan jarang menggunakan media pembelajaran sehingga siswa menjadi kurang aktif dan hasil belajar siswa menjadi rendah. Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar PKn dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah (problem solving). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Langkah-langkah penelitian tindakan kelas yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sumber data adalah hasil pengamatan, hasil tes, dan diskusi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 19 Batuang Taba Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang yang berjumlah 24orang. Hasil penelitian tindakan kelas pembelajaran PKn dengan menggunakan metode pemecahan masalah (Problem Solving) di kelas VI SDN 19 Batung Taba adalah rata-rata Hasil belajar siklus I aspek Kognitif 63,33, aspek afektif 63,13 dan aspek psikomotor 61, 33 (lampiran 5 halaman 121). Hasil belajar siklus II aspek 71,08, aspek afektif 7108, dan aspek psikomotor 72,08 (lampiran 13 halaman 146) dan pada siklus III rata-rata hasil belajar siswa aspek kognitif adalah 80,7, aspek afektif adalah 90.33, dan aspek psikomootr 92,21 (lampiran 21 halaman 172). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PKn dengan menggunakan metoda pemecahan masalah (Problem Solving) dapat meningkatkan proses dan hasil belajar PKn siswa kelas VI SD Negeri 19 Batuang Taba Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Dengan menggunakan metode pemecahan masalah (Problem Solving) dapat meningkatkan keaktivan siswa dalam pembelajaran. Hasil pembelajaran dengan menggunakan metode pemecahan masalah (problem Solving) dapat mencapai hasil seperti yang diharapkan. Pembelajaran siswa dengan menggunakan metode problem solving dapat meningkatkan kriteria ketuntasan minimal.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode Problem Solving
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 04 Aug 2025 07:36
Last Modified: 04 Aug 2025 07:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20236

Actions (login required)

View Item
View Item