Kontribusi Interaksi Guru-Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Gambar Teknik Kelas X TMP Jurusan Teknik Mesin di SMK Negeri 5 Padang

Muplihun, Ziaul (2013) Kontribusi Interaksi Guru-Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Gambar Teknik Kelas X TMP Jurusan Teknik Mesin di SMK Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_08_ZIAUL_ MUPLIHUN_76662_1552_2013.pdf] Text
final_B1_08_ZIAUL_ MUPLIHUN_76662_1552_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya siswa Jurusan Teknik Mesin yang belum terbuka dalam proses belajar mengajar terutama ketika berkomunikasi dan berinteraksi dengan guru didalam kelas sehinggga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa terutama pada Mata Diklat Gambar Teknik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap seberapa besar kontribusi interaksi guru-siswa terhadap hasil belajar siswa pada Mata Diklat Gambar Teknik Kelas X TMP Jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 5 Padang. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif korelasional, dengan populasi penelitian berjumlah 30 orang yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2010/2011 dengan sampel penelitian berjumlah 30 orang, teknik pengembilan sampel yaitu total sampling dengan mengambil seluruh populasi sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan lembaran angket (questioner). Data dianalisis dengan menggunakan teknik presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan didapat hasil sebagai berikut : (1) Interaksi Guru-Siswa memiliki hubungan dengan hasil belajar dengan angka korelasi r = 0,230 dan hasil uji t diperoleh thitung = 5,438 ≥ ttabel =2,042. Hal ini menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara interaksi Guru-Siswa dengan hasil belajar pada Mata Diklat Gambar Teknik Kelas X TMP Jurusan Teknik Mesin di SMK Negeri 5 Padang, (2) Terdapat kontribusi yang positif antara Guru-Siswa terhadap hasil belajar siswa Jurusan Teknik Mesin di SMK Negeri 5 Padang, dibuktikan dengan nilai presentase kontribusi sebesar 5.30%. Artinya hal ini menunjukkan interaksi Guru-Siswa memberikan kontribusi yang signifikan sebesar 5.25% terhadap hasil belajar, sedangkan 94.71% dipengaruhi faktor lain. Ha yang menyatakan tidak terdapat kontribusi yang signifikan antara interaksi Guru-Siswa terhadap hasil belajar siswa Jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 5 Padang diterima.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: nteraksi guru-siswa, hasil belajar, gambar teknik, teknik mesin, SMK, pendidikan kejuruan, komunikasi pembelajaran.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1
Depositing User: Al Hafidz Ramadhan
Date Deposited: 04 Aug 2025 07:33
Last Modified: 04 Aug 2025 07:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20222

Actions (login required)

View Item
View Item