Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivis di Kelas IV SDN 18 Tanjung Alai Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok

DELFINA, DELFINA (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivis di Kelas IV SDN 18 Tanjung Alai Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DELFINA_09977_5355_2012.pdf] Text
final_B1_6_DELFINA_09977_5355_2012.pdf

Download (155kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari temuan di lapangan yang menunjukkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas IV lebih rendah dibandingkan dengan mata pelajaran lain. Hal ini disebabkan penggunaan pendekatan/metode masih minim dan guru sering menggunakan ceramah dan tanya jawab saja. Sehingga pembelajaran yang diberikan tidak bermakna bagi siswa dan tidak memberikan hasil yang diharapkan serta siswa kurang mengalami pembelajaran yang nyata.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan pendekatan konstruktivis untuk peningkatan hasil belajar IPS di kelas IV SDN 18 Tanjung Alai. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 18 Tanjung Alai.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam penggunaan pendekatan kontruktivis untuk peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan pelaksanaan RPP, pelaksanaan aspek guru dan siswa, dan hasil belajar siswa. RPP siklus I dan siklus II disusun sesuai dengan langkah-langkah pendekatan konstruktivis pada pembelajaran IPS kelas IV SD. Kriteria keberhasilan RPP siklus I pertemuan I 67,8%, yang berarti masih kurang, pada RPP siklus I pertemuan II kriteria keberhasilan 71,43% dan masuk kategori cukup. Sedangkan pada siklus II pertemuan I kriteria keberhasilannya 82%, siklus II pertemuan II meningkat menjadi 92,86%. Pelaksanaan aspek guru siklus I pertemuan I kriteria keberhasilannya 70%, siklus I pertemuan II 75%. Pada siklus II pertemuan I 80%, siklus II pertemuan II 95%. Pelaksanaan aspek siswa kriteria keberhasilan siklus I pertemuan I 70%, siklus I pertemuan II 70%. Pada siklus II pertemuan I 80%, siklus II pertemuan II meningkat menjadi 90%. Sedangkan hasil belajar siswa siklus I pertemuan I 63,9%, siklus I pertemuan II 71,1%, pada siklus II pertemuan I 75,2%, siklus II pertemuan II 89,3%. Dengan demikian penggunaan pendekatan konstruktivis dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendekatan konstruktivis, hasil belajar, pembelajaran IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Gilang Maulana Rasyid
Date Deposited: 04 Aug 2025 07:33
Last Modified: 04 Aug 2025 07:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20221

Actions (login required)

View Item
View Item