Yati, Husna (2012) Penerapan Strategi Belajar Tipe Index Card Match (ICM) Pada Pembelajaran Kimia Pokok Bahasan Hidrokarbon di Kelas X SMA Negeri 3 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_8_HUSNA_00340.pdf [thumbnail of final_B1_8_HUSNA_00340.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_8_HUSNA_00340.pdf
Download (1MB)
Abstract
Telah dilakukan penelitian dengan menerapkan strategi belajar tipe Index Card Match (ICM) yang merupakan salah satu teknik instruksional dari belajar aktif yang termasuk dalam berbagai reviewing strategis, dimana penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia siswa di kelas X SMA Negeri 3 Pariaman. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Randomized Control Group Only Postest Designd. Sampel penelitian diambil dengan teknik Purposive Sampling. Jenis tes yang dilakukan berupa soal pilihan ganda sebanyak 25 item, setiap item dengan 5 pilihan jawaban. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Dari data hasil interaksi siswa selama proses pembelajaran menunjukkan siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dan data analisis belajar kognitif diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen = 74 dan kelas kontrol = 66,1. Pada pembelajaran kelas eksperimen menunjukkan nilai rata-rata di atas KKM, sedangkan pembelajaran kelas kontrol masih berada di bawah KKM. Melalui uji hipotesis yang dilakukan pada taraf signifikan 5% atau α = 0,05 (dk = 82) diperoleh harga thitung = 3,29 dan ttabel = 1,67. Karena didapat thitung > ttabel, berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian hipotesis penelitian diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan strategi belajar tipe Index Card Match (ICM) lebih tinggi daripada hasil belajar siswa tanpa menggunakan strategi belajar tipe Index Card Match (ICM)
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi belajar, index card match, pembelajaran kimia, hidrokarbon |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Muhammad Arga |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 07:16 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 07:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20219 |