Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di Kelas IV SD Negeri 27 Dusun Tuo Kabupaten Tanah Datar

Yulia, Yulia (2017) Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di Kelas IV SD Negeri 27 Dusun Tuo Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_YULIA_1300549_3286_2017.pdf] Text
final_B1_06_YULIA_1300549_3286_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran pendidikan kewarganegaraan yang masih berpusat kepada guru. Hal tersebut membuat siswa merasa bosan dan kurang semangat dalam proses pembelajaran. Dengan demikian hasil belajar siswa pun menjadi rendah. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran yaitu Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di kelas IV SD Negeri 27 Dusun Tuo.
Jenis Penelitian ini adalah quasi eksperimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa kelas IV SD Negeri 27 Dusun Tuo yang terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas IV A dan IV B dengan jumlah siswa pada msing-masing kelas sebanyak 30 siswa. Sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh, sehingga semua anggota populasi dijadikan sampel. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 30 soal yang telah diuji cobakan. Data awal penelitian menggunakan nilai Pre-test yang menunjukkan rata-rata nilai kelas ekpreimen sebesar 68,61, sedangkan kelas kontrol sebesar 67,98.
Data dianalisis menggunakan uji t. Dengan melakukan perhitungan uji-t (ttest) diperoleh thitung sebesar 2.71, sedangkan ttabel sebesar 1,67, sehingga thitung > ttabel. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara siswa yang belajar menggunakan model Problem Based Learning dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran yang bersifat konvensional. Hasil Posttest menunjukkan hasil belajar siswa yang belajar menggunakan model Problem Based Learning lebih tinggi dari pada siswa yang belajar menggunakan pembelajaran yang bersifat konvensional.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Sekolah Dasar (SD)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fini Alya Putri
Date Deposited: 04 Aug 2025 07:15
Last Modified: 04 Aug 2025 07:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20214

Actions (login required)

View Item
View Item