Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Model Cooperative Learning Tipe NHT di kelas V SDN 13 Cingkariang Kabupaten Agam

Wahyuni, Riska (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Model Cooperative Learning Tipe NHT di kelas V SDN 13 Cingkariang Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RISKA_WAHYUNI_56259_6068_2014.pdf] Text
final_B1_6_RISKA_WAHYUNI_56259_6068_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran IPS yang belum disajikan dengan cara yang menarik, menantang minat siswa, serta kurang menghubungkan materi pelajaran dengan kehidupan masyarakat pada saat ini sehingga siswa menjadi kurang percaya diri dalam pembelajaran dan standar ketuntasan dalam pembelajaran IPS yang diharapkan belum tercapai. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model Cooperative learning tipe NHT di kelas V SDN 13 Cingkariang Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 13 Cingkariang Kabupaten Agam. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian ini adalah hasil pengamatan dari setiap tindakan yang dilaksanakan pada proses pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi dan tes. Data dianalisis menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan: a) perencanaan pada siklus I diperoleh rata-rata skor 73,1% dengan kualifikasi baik, pada siklus II diperoleh rata-rata skor 92,85% dengan kualifikasi sangat baik, b) pengamatan aspek guru pada siklus I diperoleh rata-rata skor 72,7% dengan kualifikasi baik, pada siklus II diperoleh rata-rata skor 90,91% dengan kualifikasi sangat baik, c) pengamatan aspek siswa siklus I diperoleh rata-rata skor 72,7% dengan kualifikasi baik, pada siklus II diperoleh rata-rata skor 90,91% dengan kualifikasi sangat baik, d) hasil belajar siswa siklus I diperoleh nilai rata-rata 70, pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 81,4. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, pembelajaran IPS dengan model Cooperative learning tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 13 Cingkariang Kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar,IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 04 Aug 2025 07:14
Last Modified: 04 Aug 2025 07:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20209

Actions (login required)

View Item
View Item