Peningkatan Hasil Belajar Bangun Ruang Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas V SDN 47 Pangian Lintau Buo-Tanah Datar

Santi, Riska (2012) Peningkatan Hasil Belajar Bangun Ruang Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas V SDN 47 Pangian Lintau Buo-Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RISKA_SANTI_52686_2367_2012.pdf] Text
final_B1_6_RISKA_SANTI_52686_2367_2012.pdf

Download (189kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran sering di dominasi oleh guru sebagai nara sumber informasi, sehingga proses pembelajaran kurang menarik bagi siswa dan hasil belajar yang dicapai kurang memuaskan. Selaian itu dalam menyampaikan materi pembelajaran guru kurang mengaitkan materi dengan kehidupan seharihari.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran bangun ruang dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas V SD Negeri 47 Pangian Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini menggunakan pendekatan kualitiatif dan kuantitatif dengan pendekatan pembelajaran menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) yaitu dengan langkahlangkah : kembangkan pemikiran anak bahwa belajar akan lebih bermakna dengan bekerja sendiri dan mengkonstruksikan sendiri pengetahuan dan keterampilan barunya, laksanakan kegiatan inkuiri, kembangkan sifat ingin tahu siswa dengan bertanya, ciptakan masyarakat belajar, tunjukan model pembelajaran, lakukan refleksi dan lakukan penilaian yang sebenarnya. Hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Contextual Teahcing and Learning (CTL), pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yang mana nilai rata-rata siklus I pada aspek kognitif adalah 63,55 meningkat menjadi 79,55 pada siklus II, nilai rata-rata pada aspek afektif adalah 66,93% meningkat menjadi 84,77% pada siklus II dan pada aspek psikomotor dari 63,30% meningkat menjadi 85,11% pada siklus II. Dari hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan Contextual Taehcing and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran bangun ruang di kelas V SDN 47 Pangian Kecamatan Lintau Buo.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar,Contextual Teahcing and Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 04 Aug 2025 07:13
Last Modified: 04 Aug 2025 07:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20203

Actions (login required)

View Item
View Item