Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Quantum Teaching di Kelas IV SDN 14 Gadut Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam

Roza, Delfia (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Quantum Teaching di Kelas IV SDN 14 Gadut Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DELFIA_ROZA_95273_2890_2015.pdf] Text
final_B1_6_DELFIA_ROZA_95273_2890_2015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan refleksi awal peneliti di kelas IV SDN 14 Gadut Kecamatan Tilatang Kamang, hasil ulangan harian siswa pada pembelajaran IPS tahun pembelajaran 2013/2014 masih rendah, hal ini disebabkan guru belum melibatkan siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa dominan mendengarkan penjelasan dari guru. Untuk mengatasi masalah tersebut, adalah dengan menggunakan Model Quantum Teaching. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 27 orang, 18 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes dan pengamatan.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan (1) perencanaan pembelajaran siklus I adalah 78% dengan kualifikasi cukup, meningkat pada siklus II menjadi 94% dengan kualifikasi sangat baik. (2) Pelaksanaan pembelajaran pada aktifitas guru siklus I adalah 76,5% dengan kualifikasi cukup meningkat pada siklus II menjadi 90% dengan kualifikasi baik. (3) Pada aktifitas siswa siklus I adalah 72,5% dengan kualifikasi cukup meningkat pada siklus II menjadi 88% dengan kualifikasi baik. (4) Selanjutnya hasil belajar siswa siklus I diperoleh rata-rata 71,4 dengan kualifikasi cukup meningkat pada siklus II menjadi 82,6 dengan kualifikasi baik. Dengan demikian dapat disimpulkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model Quantum Teaching di kelas IV SDN 14 Gadut.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Quantum Teaching, hasil belajar, pembelajaran IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Gilang Maulana Rasyid
Date Deposited: 04 Aug 2025 07:12
Last Modified: 04 Aug 2025 07:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20199

Actions (login required)

View Item
View Item