Febriyanti, Riska (2012) Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Berbeda dengan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas IV SDN 03 Bandar Buat Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RISKA_FEBRIYANTI_00070_1388_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_RISKA_FEBRIYANTI_00070_1388_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RISKA_FEBRIYANTI_00070_1388_2013.pdf
Download (355kB)
Abstract
Penelit ian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda yang selama ini masih berpusat kepada guru. Siswa belum membangun sendiri pengetahuannya berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang telah ada sebelumnya sehingga standar ketuntasan belajar yang ditetapkan dalam pembelajaran belum tercapai. Tujuan penelit ian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) perencanaan, (2) pelaksanaan (3) hasil belajar pembelajaran penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda dengan pendekatan konstruktivisme. Jenis penelit ian ini adalah penelit ian tindakan kelas. Penelit ian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuant itatif. Sumber data adalah proses /pelaksanaan pembelajaran penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda dengan pendekatan konstruktivisme di kelas IV SDN 03 Bandar Buat. Penelit ian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2012/2013 dengan subjek penelit ian adalah guru (observer) , penelit i (praktisi) dan siswa kelas IV SD tertelit i. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelit ian ini menunjukkan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I perencanaan yang telah dirancang guru memperoleh persentase 80% meningkat menjadi 92% pada siklus II. Pada pelaksanaannya dari aktivitas guru pada siklus I memperoleh persentase 77,5% meningkat menjadi 95% pada siklus II. Begitu pun dengan aktivitas siswa yang pada siklus I memperoleh persentase 70% meningkat menjadi 90% pada siklus II. Hasil belajar yang diperoleh siswa dari aspek kognit if, afektif dan psikomotor memperoleh rata-rata 74 pada siklus I dengan persentase ketuntasan 71% meningkat pada siklus II memperoleh rata-rata 80 dengan persentase ketuntasan 89%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda dengan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar,Konstruktivisme |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 07:12 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 07:12 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20195 |