Analisis Bentuk Musik Sike Garapan Sanggar Melati di Desa Kemantan Kebalai Kecamatan Air Hangat Timur Kabupaten Kerinci

Martius, Elvin (2013) Analisis Bentuk Musik Sike Garapan Sanggar Melati di Desa Kemantan Kebalai Kecamatan Air Hangat Timur Kabupaten Kerinci. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ELVIN_MARTIUS_96663_5222_2013.pdf] Text
final_B1_6_ELVIN_MARTIUS_96663_5222_2013.pdf

Download (422kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengalisis bentuk garapan Musik Sike oleh Sanggar Melati. Penelitian ini digolongkan pada penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan analisis isi (countent analisis). Intrument penelitian adalah peneliti sendiri sebagai instrument utama. Pengumpulan data dilakukan melalui tahap studi kepustakaan, observasi, wawancara, perekaman video, transkripsi, dan kerja labor.
Landasan teori yang digunakan teori tentang analisis bentuk musik adalah yang dikemukakan oleh Prier (1996:1) bahwa “Analisis musik adalah sama: „memotong‟ dan memperhatikan detil sambil melupakan keseluruhan karya musik”, dan Jamalus (1991:103) mengatakan “struktur musik dapat diperbandingkan dengan sturktur bahasa yaitu, huruf – not, kata – motif, frase – frase, kalimat – kalimat musik. Analisis terhadap bentuk Musik Sike garapan Sanggar melati dari lagu Assale dan Aiyala mengkaji tentang struktur lagu yang meliputi motif, frase, perioda, dan bentuk pola ritem rebana. Penemuan penelitian dari analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa lagu Assale dan Aiyala garapan Sanggar Melati memiliki struktur lagu yang tergolong bentuk satu bagian. Bentuk motif lagu Assale dan Aiyala kecederungan pengolahan motifnya menggunakan interval melangkah (stepping) dan melompat (skipping). Bentuk frase anteseden lagu Assale dan Aiyala seluruhnya tergolong pada jenis feminine beginning dan masculin ending, artinya seluruh frase dimulai pada ketukan lemah dan berakhir pada ketukan kuat, pada frase konsekuen lagu Assale dan lagu Aiyala tergolong feminine beginning dan feminine ending (berakhir pada ketukan lemah) Namun juga ditemukan bahwa melodi lagu Assale dan Aiyala dimainkan pada tangga nada D minor dan menggunakan tanda birama 4/4. Bentuk pola ritem rebana iringan lagu Assale dan lagu Aiyala berbeda pada iringan melodi vokal tetapi apabila kita amati pada prinsipnya secara musikalitas hampir sama. Keseluruhan bentuk pola ritem rebana lagu Assale dan Aiyala dikembangkan berdasarkan motif ini seperempat dan yang menggunakan not dikembangkan menggunakan not seperdelapan dan seperenambelas.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Musik Sike, bentuk garapan, Sanggar Melati, analisis musik, motif, frase, pola ritem, rebana, D minor, birama 4/4.
Subjects: M Music and Books on Music > ML Literature of music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Mabruri Haulia Fadri
Date Deposited: 04 Aug 2025 07:11
Last Modified: 04 Aug 2025 07:11
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20194

Actions (login required)

View Item
View Item