Yuliastuti, Yuliastuti (2017) Peningkatan Keterampilan Membuat Benda Kontruksi dengan Model Pembelajaran Langsung di Kelas IV SDN 13 Kapalo Koto Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_YULASTUTI_1108308_325_2018.pdf [thumbnail of final_B1_06_YULASTUTI_1108308_325_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_YULASTUTI_1108308_325_2018.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan pada umumnya siswa belum mampu membuat benda konstruksi. Hal ini disebabkan karena guru belum mempresentasikan dan mendemonstrasikan cara pembuatan benda konstruksi sehingga siswa tidak memiliki keterampilan dalam membuat benda konstruksi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV dalam merancang benda dengan teknik konstruksi menggunakan model pembelajaran langsung di Kelas IV SDN 13 Kapalo Koto Kota Padang.
Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari empat kali pertemuan. Adapun tahap-tahap penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian adalah lembaran observasi. Subjek penelitian adalah peneliti dan siswa kelas IV SDN 13 Kapalo Koto Kota Padang.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membuat benda konstruksi menggunakan model pembelajaran langsung yaitu : 1) Rencana pelaksanaan pembelajaran siklus I adalah 71,43% kriteria baik, siklus II meningkat menjadi 92,86% kriteria sangat baik, 2) Pelaksanaan aspek guru siklus I adalah 66,67% kriteria cukup, siklus II meningkat menjadi 91,67% kriteria sangat baik, 3) Hasil belajar siswa siklus I adalah 70,83% kriteria baik, siklus II meningkat menjadi 91,67% kriteria sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran langsung dapat meningkatkan Keterampilan siswa di Kelas IV SDN 13 Kapalo Koto Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Keterampilan, Model Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fini Alya Putri |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 07:11 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 07:11 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20191 |