Elpinawati, Riska (2016) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas III SD Negeri 03 Kuamang Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RISKA_ELPINAWATI_56864_3223_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_RISKA_ELPINAWATI_56864_3223_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RISKA_ELPINAWATI_56864_3223_2016.pdf
Download (701kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi dan wawancara yang peneliti lakukan dengan guru kelas III SDN 03 Kuamang Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman ditemui permasalahan guru tidak menggunakan pendekatan secara kreatif, dan belum menggunakan pendekatan kontruktivisme dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Hal ini sangat berdampak sekah bagi siswa, siswa merasa pembelajaran membaca pemahaman kurang bermakna hal ini dibuktikan dalam pembelajaran siswa terlihat pasif, dan siswa kurang percaya diri dalam menyampaikan idenya untuk memecahkan suatu permasalahan dalam pembelajaran sehingga hasil belajarnya rendah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan menggunakan pendekatan kontruktivisme di kelas III SD. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas III SDN 03 Kuamang Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman dengan jumlah siswa 18 orang dengan 6 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Dalam penelitian ini peneliti sebagai praktisi dan dua orang sebagai pengamat yaitu guru kelas III dan teman sejawat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis PTK. Penelitian ini dilakukan dua siklus, dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pemgamatan dan refleksi. Penelitian menggunakan langkah-langkah pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan pendekatan kontruktivisme. Penelitian ini menunjukkan pelaksanaan aspek guru sikus I 75,00% dan pada siklus II menjadi 90,63% sedangkan pelaksanaan aspek siswa siklus I 78,13 menjadi 87,5% pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I tahap prabaca 68,80% menjadi 88,20% pada siklus II, tahap saatbaca siklus I 62,25% menjadi 83,00 pada siklus II , dan tahap pascabaca pada siklus 1 69,00% menjadi 83,06% pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Membaca,Konstruktivisme |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 07:10 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 07:10 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20188 |