Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Menggunakan Strategi SQ4R (Survey, Question, Read, Recite, Rite And Review) di Kelas VI SDN 11 Marunggi Kota Pariaman

Irawan, Risfan (2012) Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Menggunakan Strategi SQ4R (Survey, Question, Read, Recite, Rite And Review) di Kelas VI SDN 11 Marunggi Kota Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RISFAN_IRAWAN_93563_3445_2015.pdf] Text
final_B1_6_RISFAN_IRAWAN_93563_3445_2015.pdf

Download (882kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di kelas VI SDN 11 Marunggi Kota Pariaman, bahwa keterampilan membaca pemahaman siswa masih rendah. Hal ini disebabkan strategi pembelajaran membaca pemahaman yang digunakan guru kurang tepat. Solusi untuk mengatasi permasalahan di atas adalah dengan menggunakan strategi SQ4R (Survey, Question, Read, Recite And Review). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan strategi SQ4R (Survey, Question, Read, Recite And Review). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peneliti sebagai guru dan siswa kelas VI SDN 11 Marunggi Kota Pariaman. Kegiatan difokuskan pada pelaksanaan tahap prabaca, saatbaca, dan pascabaca. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi pada masing-masing siklus. Hasil penelitian dari setiap siklus terjadi peningkatan. Terlihat hasil pengamatan kegiatan guru pada siklus I tahap prabaca adalah 75%, kegiatan siswa 62%. Hasil pengamatan kegiatan guru tahap saatbaca adalah 62%, kegiatan siswa 50%. Hasil pengamatan kegiatan guru tahap pascabaca adalah 75%, kegiatan siswa 75%. Hasil pengamatan kegiatan guru pada siklus II tahap prabaca adalah 100%, kegiatan siswa 87%. Hasil pengamatan kegiatan guru tahap saatbaca adalah 75%, kegiatan siswa 75%. Hasil pengamatan kegiatan guru tahap pascabaca adalah 83%, kegiatan siswa 83%. Hasil belajar siswa pada siklus I tahap prabaca adalah 71.2, tahap saatbaca 63.7 dan tahap pascabaca 64.1, terjadi peningkatan pada siklus II yaitu tahap prabaca 92.5, tahap saatbaca 86.2 dan tahap pascabaca 79.5.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Survey, Question,Read, Recite, Rite And Review
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 04 Aug 2025 07:09
Last Modified: 04 Aug 2025 07:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20184

Actions (login required)

View Item
View Item