Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn di Kelas V SDN 58 Lubuk Buaya Padang

Andrika, Delsa (2017) Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn di Kelas V SDN 58 Lubuk Buaya Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_DELSA_ANDRIKA_1300506_4225_2017.pdf] Text
final_B1_06_DELSA_ANDRIKA_1300506_4225_2017.pdf

Download (931kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penggunaan model pembelajaran inovatif yang dapat diterapkan dalam pembelajaran PKn. Model tersebut, yaitu model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Model pembelajaran ini memberi siswa waktu untuk berpikir dan merespons serta saling bantu satu sama lain. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa khususnya aspek kognitif dalam pembelajaran PKn di kelas V SDN 58 Lubuk Buaya Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Quasi Experiment. Penelitian dilakukan di SDN 58 Lubuk Buaya Padang pada kelas VA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 20 siswa dan kelas VB sebagai kelas kontrol dengan jumlah 21 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis. Analisis statistik yang digunakan, yaitu Uji Kolmogorov Smirnov untuk menguji normalitas data, Uji F atau Uji Fisher untuk menguji homogenitas data, dan Uji t (t-test) untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional tidak memperoleh kenaikan yang menggembirakan, rata-rata hasil pretest adalah 53,60 dikategorikan kurang sekali, sedangkan rata-rata hasil posttest adalah 61,78 dikategorikan cukup. Kedua, hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn yang dibelajarkan dengan menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) memperoleh kenaikan yang signifikan, rata-rata hasil pretest adalah 51,41 dikategorikan kurang sekali, sedangkan rata-rata hasil belajar yang diperoleh dari posttest adalah 79,29 dikategorikan baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan rumus Uji t (t-test) diperoleh nilai thitung sebesar 3,943 yang ternyata nilai tersebut signifikan karena lebih besar dari nilai ttabel dengan taraf signifikansi (α)5% atau 0,05 diperoleh ttabel 2,023, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, dan kesimpulan hasil penelitian yang dilakukan adalah terdapat pengaruh penggunaan model kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Assariy Ramdhani
Date Deposited: 04 Aug 2025 07:09
Last Modified: 04 Aug 2025 07:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20183

Actions (login required)

View Item
View Item