Risda, Risda (2012) Peningkatan Hasil Belajar Nilai Tempat dengan Pendekatan Matematika Realistik di Kelas I SD Negeri 05 Sungai Aur Kecamatan Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RISDA_58353_108_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_RISDA_58353_108_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RISDA_58353_108_2013.pdf
Download (306kB)
Abstract
Berdasarkan pengalaman peneliti di SD Negeri 05 Sungai Aur Kecamatan Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat bahwa peneliti mengajarkan matematika masih dengan cara tradisional dengan arti kata belum efisien dan tidak mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan nyata siswa, sehingga menyebabkan siswa belajar secara pasif. Untuk itu peneliti tertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran matematika khususnya pada pelajaran nilai tempat puluhan dan satuan melalui pelaksanaan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan matematika realistik. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang pembelajaran nilai tempat dengan pendekatan realistik untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari dua siklus yaitu sisklus I dan II, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN 05 Sungai aur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes dan analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil belajar nilai tempat dengan menggunakan pendekatan matematika realistik pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan yaitu terlihat yaitu terlihat dari perencanaan, pelaksanaan (aktivitas guru dan siswa) dan hasil belajar. Pada perencanaan mengalami peningkatan rata-rata dari siklus I 73,2% menjadi 92,8% pada siklus II. Pada pelaksanaan pembelajaran aspek guru pada siklus I yaitu 68,75% meningkat menjadi 93,75% pada siklus II. Kemudian Pada pelaksanaan pembelajaran aspek siswa siklus I adalah 71,87% menjadi 93,75% pada siklus II. Kemudian pada penilaian hasil belajar aspek kognitif siklus I ratarata 70,3% meningkat menjadi 84,2% pada siklus II, rata-rata nilai afektif siklus I adalah 70,74% menjadi 84,28% pada siklus II dan rata-rata penilaian psikomotor siklus I adalah 74,66% menjadi 87,28% pada siklus II. Berdasarkan hasil pengamatan terlihat peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran Matematika, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas I SDN 05 Sungai Aur.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar,Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 07:08 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 07:08 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20179 |