Damaianti, Oktiani (2013) Pengaruh Penerapan Teknik Quick On The Draw terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan di Kelas XI SMAN 4 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_OKTIANI_DAMAIANTI_99997_5599_2013.pdf [thumbnail of final_B1_7_OKTIANI_DAMAIANTI_99997_5599_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_OKTIANI_DAMAIANTI_99997_5599_2013.pdf
Download (967kB)
Abstract
Materi kelarutan dan hasil kali kelarutan merupakan materi yang secara garis besar berisi konsep-konsep yang harus dipelajari dan dipahami dengan baik oleh siswa. Teknik Quick on the draw merupakan salah satu teknik dari strategi pembelajaran kooperatif yang dapat membantu siswa dalam memahami materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap hasil belajar siswa melalui penerapan teknik Quick On The Draw di kelas XI SMAN 4 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IA SMAN 4 Pariaman tahun pelajaran 2012/2013. Setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas terhadap data populasi, dipilih sampel dengan teknik random sampling yaitu kelas XI-IA1 sebagai kelas eksperimen dan XI-IA3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes di akhir penelitian sebanyak 20 soal objektif. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen (70,53) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (63,33). Hasil uji normalitas dan homogenitas dari hasil tes akhir kedua kelas sampel diperoleh bahwa kedua kelas sampel terdistribusi normal dan mempunyai varians yang homogen. Analisis data dilakukan dengan uji-t pada taraf nyata 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) sebesar 56 diperoleh thitung sebesar 2,22 dan ttabel sebesar 1,67. Data yang di peroleh menunjukkan hasil belajar siswa dengan teknik quick on the draw dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan pada α = 0,05 dalam materi kelarutan dan hasil kali kelarutan
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teknik Quick On The Draw, Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan , Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Putra Albestin |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 07:07 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 07:07 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20175 |