Suryani, Okta (2012) Pembuatan Modul Hidrolisis Garam Berbahasa Inggris untuk Pembelajaran Kimia kelas XI R-SMA-BI. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_OKTA SURYANI_00335_2012.pdf [thumbnail of final_B1_7_OKTA SURYANI_00335_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_OKTA SURYANI_00335_2012.pdf
Download (394kB)
Abstract
Telah dilakukan suatu penelitian mengenai pembuatan modul hidrolisis garam berbahasa Inggris untuk pembelajaran kimia kelas XI R-SMA-BI. Modul merupakan salah satu media alternatif yang mengacu pada pembelajaran konstruktivisme yang mengutamakan keaktifan siswa dalam membangun pengetahuan dalam dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media belajar dalam bentuk modul yang kemudian diuji kelayakannya sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran kimia kelas XI R-SMA-BI. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), yaitu menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Uji kelayakan dilakukan pada siswa kelas XII IPA R-SMA-BI 1 padang, mahasiswa program ISTE kimia UNP, dan guru kimia R-SMA-BI 1 Padang. Instrumen yang digunakan adalah angket dalam bentuk skala Likert dan lembaran kegiatan siswa (student activity sheet) yang terdapat dalam modul. Hasil analisis angket menunjukkan skor rata-rata kelayakan berdasarkan angket siswa adalah 4,76, angket mahasiswa adalah 4,27 dan angket guru adalah 4,35. Jika skor ini diinterpretasikan pada kategori kelayakan dengan nilai batas interpretasi sangat layak r ≥ 4, modul hidrolisis garam berbahasa Inggris ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Sedangkan dari hasil analisis jawaban siswa pada lembar kegiatan siswa, diperoleh persentase sebesar 94,78% yang menyatakan bahwa siswa memahami materi pelajaran dengan sangat baik. Berdasarkan data tersebut diketahui bahwa modul hidrolisis garam berbahasa Inggris sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul berbahasa Inggris, Hidrolisis Garam, Uji Kelayakan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Putra Albestin |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 07:05 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 07:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20166 |