Tantri, Risa (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan kontruktivis di Kelas IV SD Negeri 02 Percontohan Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RISA_TANTRI_93757_2592_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_RISA_TANTRI_93757_2592_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RISA_TANTRI_93757_2592_2012.pdf
Download (522kB)
Abstract
Penelitian ini berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang peneliti lakukan dengan guru kelas IV SD Negeri 02 Percontohan pada tanggal 26 Juli 2011 ditemui permasalahan, guru belum menggunakan pendekatan kontruktivis dalam pembelajaran, guru tidak mengaktifkan pengetahuan yang sudah ada pada siswa. Guru berceramah, tanpa memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengumpulkan dan menginterprestasikan data yang miliki, kurangnya penekanan guru bahwa pengetahuan yang diperoleh harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga berakibat rendahnya hasil belajar IPS siswa. Untuk itu, diadakanlah suatu penelitian tindakan kelas, tujuannya untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa di kelas IV SD Negeri 02 Percontohan Bukittinggi, dengan penggunaan pendekatan kontruktivis . Pendekatan Kontruktivis adalah pendekatan pembelajaran yang mengajak siswa untuk berfikir dan mengkontruksi pengetahuannya sendiri. Langkah-langkah pembelajaran kontruktivis adalah: 1) pengaktifan pengetahuan yang sudah ada, 2) pemerolehan pengetahuan baru, 3) menguji pemahaman pengetahuan , 4) menerapkan pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh, 5) melakukan refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 02 Percontohan Bukittinggi, dengan jumlah siswa 28 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dengan jenis (PTK), Penelitian dilakukan dua siklus, dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil menunjukkan peningkatan terhadap RPP, pelaksanaan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS, dengan menggunakan pendekatan Kontruktivis, dapat dilihat dari kemampuan guru dalam merancang pembelajaran 78% meningkat menjadi 97%, aktivitas guru dari 71% mengalami peningkatan 96%, aktivitas siswa dari 61% mengalami peningkatan menjadi 89%. Dan dari ketuntasan hasil belajar siswa sebelum menggunakan pendekatan Kontruktivis adalah 50%, setelah diadakan tindakan terjadi peningkatan yaitu dari 57% menjadi yang lebih baik lagi yaitu 85%
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar,IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 07:04 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 07:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20165 |