Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Diklat Mengukur dengan Alat Ukur Mekanik Presisi di Smk Negeri 2 Sawahlunto

Mases, Yulius (2013) Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Diklat Mengukur dengan Alat Ukur Mekanik Presisi di Smk Negeri 2 Sawahlunto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_08_YULIUS_MASES_ 13800_5261_ 2013.pdf] Text
final_B1_08_YULIUS_MASES_ 13800_5261_ 2013.pdf

Download (564kB)

Abstract

Sekolah adalah lembaga pendidikan tempat berlangsungnya proses belajar mengajar. Belajar pada hakikatnya adalah proses interaksi terhadap situasi yang ada di sekitar individu. Untuk mencapai kegiatan dalam kegiatan pembelajaran, terdapat beberapa komponen yang dapat menunjang yaitu, komponen tujuan, komponen materi, komponen strategi belajar-mengajar, dan komponen evaluasi. Strategi adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus di kerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat di capai secara efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TPM SMK N 2 Sawahlunto pada mata diklat mengukur dengan lat ukur mekanik presisi dengan model pembelajaran kontekstual. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, sedangkan subjek penelitian adalah siswa kelas X TPM SMK N 2 Sawahlunto pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 28 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, sedangkan alat pengumpul data yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif yang menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan dan hasil belajar siswa kelas X TPM SMK N 2 Sawahlunto setelah mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kontekstual meningkat dari siklus I sampai siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran Mengukur dengan Alat Ukur Mekanik Presisi dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kontekstual, hasil belajar, alat ukur mekanik presisi, pendidikan kejuruan, SMK, pengukuran presisi, penelitian tindakan kelas.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1
Depositing User: Al Hafidz Ramadhan
Date Deposited: 04 Aug 2025 07:03
Last Modified: 04 Aug 2025 07:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20158

Actions (login required)

View Item
View Item