Okmayanti, Okmayanti (2012) Peningkatan Motorik Kasar Anak melalui Permainan Hulahop di Taman Kanak-kanak Al Qur’an Al-Islam Kota Sawahlunto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_OKMAYANTI_10537_3987_2012.pdf [thumbnail of final_B1_7_OKMAYANTI_10537_3987_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_OKMAYANTI_10537_3987_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum optimalnya perkembangan motorik kasar anak dalam kegiatan jasmani, gerakan tubuh anak masih kaku dan belum seimbang sehinga anak menjadi canggung dan kaku saat mengikuti kegiatan motorik kasar yang diberikan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses dan hasil belajar anak usia dini di TK A Al-Islam kota Sawahlunto. Subjek penelitian adalah kelompok B3 TK A Al-Islam kota Sawahlunto yang berjumlah 15 orang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Manfaat dilaksanakan penelitian ini adalah untuk membantu peningkatan motorik kasar anak, meningkatkan teknik variasi dalam proses belajar mengajar dan mendorong anak mengembangkan motorik kasarnya melalui permainan dan meningkatkan kualitas Taman Kanak-kanak. Metodologi yang peneliti lakukan adalah metode observasi dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di TK A Al-Islam kota Sawahlunto. Data yang diperoleh dalam penelitian ini didapat dari hasil observasi anak selama melakukan permainan hulahop yang dianalisis dengan teknik persentase. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan Siklus II. Hasil rata-rata persentase dalam peningkatan kemampuan motorik kasar anak dalam mengikuti permainan hulahop. Kemampuan motorik kasar awal anak sebelum tindakan sangat rendah, tidak ada anak yang mampu melakukan gerakan terjadi peningkatan motorik kasar anak begitu seterusnya ada peningkatan kemampuan motorik kasar pada anak dari pertemuan pertama ke pertemuan kedua dan pertemuan ketiga. Karena pada siklus I belum mencapai KKM, maka penelitian dilanjutkan ke siklus II. Siklus II kembali terjadi penngkatan motorik kasar anak dari pertemuan pertama ke pertemuan kedua. Pada pertemuan kedua siklus II anak telah mencapai peningkatan motorik kasar dengan nilai baik dan baik sekali memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permainan hulahop dapat meningkatkan motorik kasar anak usia dini di TK A Al Islam Kota Sawahlunto.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motorik Kasar Anak Peningkatan Motorik Kasar, Permainan Hulahop, Anak Usia Dini, Taman Kanak-Kanak (TK), Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Metode Observasi Kualitatif dan Kuantitatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Putra Albestin |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 07:02 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 07:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20157 |