Nisa, Khairun (2021) Pengembangan E-Modul Hidrokarbon Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Pertanyaan Probing dan Prompting untuk Kelas XI SMA/MA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_KHAIRUN_NISA_15035056_2255_2021.pdf [thumbnail of final_B1_7_KHAIRUN_NISA_15035056_2255_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_KHAIRUN_NISA_15035056_2255_2021.pdf
Download (2MB)
Abstract
Saat ini kurikulum 2013 menerapkan tahapan saintifik dalam kegiatan pembelajaran untuk mengembangkan potensi diri dengan mengasah pola pikir siswa menjadi lebih aktif dan kreatif. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, metode dan media pembelajaran harus dipilih dengan cermat. Salah satu media yang dapat dikembangkan untuk memenuhi kriteria tersebut adalah e-modul. Penelitian ini akan menghasilkan e-modul berbasis pendekatan saintifik dengan pertanyaan probing dan prompting untuk materi hidrokarbon. Pertanyaan probing dan prompting digunakan untuk membiasakan siswa dalam menjawab pertanyaan sehingga pengembangan pola pikir siswa dapat diptimalkan. Research & development (R & D) merupakan jenis penelitian yang digunakan dengan 4-D sebagai model pengembangannya. Tahapan 4-D meliputi: define, design , develop dan disseminate. Lembar validitas dan praktikalitas digunakan sebagai intrumen pengumpulan data. Validasi e-modul dilakukan oleh 5 orang validator, sedangkan praktikalitas e-modul dilakukan oleh 3 orang guru kimia dan 30 orang siswa SMAN 12 Padang. Pengolahan data penelitian menggunakan formula Kappa Cohen. Nilai validitas e-modul yang didapatkan sebesar 0,87 dan nilai praktikalitas oleh guru dan siswa sebesar 0,88 dan 0,83. Berdasarkan ketiga nilai tersebut, maka e-modul hidrokarbon berbasis pendekatan saintifik dengan pertanyaan probing dan prompting dinyatakan valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul Berbasis Pendekatan Saintifik, Hidrokarbon, Pertanyaan Probing dan Prompting, Model 4-D |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Riska Monita Yanti |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 06:36 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 06:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20155 |