Ichwani, Khairatul (2020) Analisis Perkembangan Pengetahuan Siswa dalam Menguasai Materi Larutan Penyangga pada Sekolah Level Menengah di SMA Negeri Kota Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_KHAIRATUL_ICHWANI_14035080_472_2020.pdf [thumbnail of final_B1_7_KHAIRATUL_ICHWANI_14035080_472_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_KHAIRATUL_ICHWANI_14035080_472_2020.pdf
Download (1MB)
Abstract
Larutan penyangga merupakan salah satu materi kimia kelas XI IPA SMA/MA yang bersifat kompleks, dimana konsep kimia yang satu dan yang lainnya saling berhubungan. Oleh karena itu siswa dituntut untuk menguasai beberapa materi prasyarat untuk dapat memahami materi larutan penyangga. Hasil penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa rendahnya penguasaan siswa pada materi larutan penyangga disebabkan perkembangan pengetahuan siswa dalam menguasai materi larutan penyangga terganggu atau terhambat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan pengetahuan siswa dalam menguasai materi larutan penyangga dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang melibatkan 27 siswa kelas X, XI dan XII pada sekolah level menengah di SMA Negeri Kota Payakumbuh melalui pemberian tes diagnostik berbentuk uraian terbatas. Data yang didapatkan kemudian di analisis melalui reduksi data (data reduction), tampilan data (data display), dan verifikasi (verification) atau kesimpulan sesuai teknik analisis data menurut Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan perkembangan pengetahuan siswa terhambat atau mengalami masalah. Hal ini terlihat dari rendahnya penguasaan siswa kelas XII pada materi larutan penyangga sebanyak 16%. Materi yang menjadi penghambat perkembangan pengetahuan siswa adalah materi stoikiometri.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cross Sectional, Larutan Penyangga, Perkembangan Pengetahuan, Tes Diagnostik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Riska Monita Yanti |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 06:10 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 06:10 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20142 |