Diana, Delfi (2017) Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Hasil Belajar Jaring-Jaring Balok dan Kubus di Kelas IV SD Negeri 13 Parit Putus Kabupaten Agam (Quasy Experiment). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_DELFI_DIANA_1305043_4641_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_DELFI_DIANA_1305043_4641_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_DELFI_DIANA_1305043_4641_2017.pdf
Download (665kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar jaring-jaring balok dan kubus serta kurang aktifnya siswa karena pada umumnya kegiatan berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) terhada hasil belajar jaring-jaring balok dan kubus di kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan penelitian adalah nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di SDN 13 Parit Putus Kabupaten Agam pada kelas IV B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 20 siswa dan kelas IV A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 20 siswa. Data hasil belajar jaring-jaring balok dan kubus dikumpulkan dengan instrumen tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Data dianalisis secara deskriptif menggunakan rumus t-test yang didahului dengan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 83,5 dengan standar deviasi yang diperoleh 10,7 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 75,5 dengan standar deviasi yang diperoleh12,2. Berdasarkan perhitungan uji t (t-test) diperoleh thitung 2,24 sedangkan ttabel pada taraf kepercayaan α 0,05 adalah 2,02, sehingga thitung > ttabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat nilai yang lebih tinggi pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol dan dari analisis data diahasilkan perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok, dengan begitu terbukti bahwa pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) berpengaruh positif terhadap hasil belajar jaring-jaring balok dan kubus di kelas IV SDN 13 Parit Putus Kabupaten Agam.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Matematika Realistik Indonesia (PMRI),SD Negeri 13 Parit Putus Kabupaten Agam,(Quasy Experiment) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Assariy Ramdhani |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 06:09 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 06:09 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20138 |