Hubungan Suasana Ruang Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Mesin di SMK 5 Padang

Rafnu, Kevin Firnando (2021) Hubungan Suasana Ruang Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Mesin di SMK 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_KEVIN_FIRNANDO_RAFNU_14067055_5352_2021.pdf] Text
final_B1_7_KEVIN_FIRNANDO_RAFNU_14067055_5352_2021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai siswa pada mata pelajaran dasar-dasar Teknik mesin. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengungkap hubungan suasana ruang belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar-dasar Teknik mesin Siswa Kelas X Jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 5 Padang tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Untuk mengetahui validitas angket suasana ruang belajar penulis menggunakan program SPSS 16 dengan kriteria rhitung ≥ rtabel maka item tersebut dinyatakan valid dan diperoleh pernyataan yang gugur sebanyak 3 item. Populasi penelitian ini berjumlah 90 siswa tahun ajaran 2020/2021. Sampel penelitian sebanyak 60 siswa dikarenakan penelitian dilaksanakan pada tahun ajaran 2020/2021, dengan menggunakan teknik Total Sampling. Hasil penelitian diperoleh nilai korelasi besar dari r tabel 0,254 yaitu sebesar 0,576, dengan kriteria rhitung > rtabel 0,576 > 0, 254 maka Ha diterima dan masuk dalam kategori sedang. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara suasana ruang belajar terhadap hasil belajar Siswa Kelas X Pada mata pelajaran dasar-dasar Teknik mesin Jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 5 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Suasana ruang belajar dan hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1
Depositing User: Riska Monita Yanti
Date Deposited: 04 Aug 2025 06:07
Last Modified: 04 Aug 2025 06:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20126

Actions (login required)

View Item
View Item