Peningkatan Hasil Belajar Geometri Dengan Teori Van Hiele di Kelas II SD N 06 Kelurahan Kampung Lapai Kecamatan Nanggalo Kota Padang

Sunarti, Sunarti (2011) Peningkatan Hasil Belajar Geometri Dengan Teori Van Hiele di Kelas II SD N 06 Kelurahan Kampung Lapai Kecamatan Nanggalo Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SUNARTI_90850_2011.pdf] Text
final_B1_6_SUNARTI_90850_2011.pdf

Download (219kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi. Berdasarkan pengamatan peneliti pada semester II tahun ajaran 2009/2010 ditemukan hasil belajar geometri siswa masih rendah, untuk itu peneliti melalui penelitian tindakan kelas ini ingin mencoba meningkatkan hasil belajar geometri dengan teori Van Hiele di Kelas II SD N 06 Kelurahan Kampung Lapai Kecamatan Nanggalo Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelititan ini adalah siswa Kelas II SD N 06 Kelurahan Kampung Lapai Kecamatan Nanggalo Padang yang berjumlah 35 orang. Prosedur penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I dilaksanakan dalam dua kali pertemuan tatap muka dan siklus II dilaksanakan satu kali pertemuan tatap muka. Setiap siklus dilaksanakan melalui tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan evaluasi serta refleksi. Penilaian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah penilaian proses, penilaian hasil, format pencatatan lapangan, rambu-rambu keberhasilan mengajar guru, dan rambu-rambu analisis karakteristik teori Van Hiele dari aspek guru dan siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan tes dan menguji ketuntasan belajar dengan persentase. Berdasarkan hasil pengolahan data penelitian, disimpulkan bahwa dengan menggunakan teori Van Hiele pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Hasil tes yang dicapai pada siklus I yakni 7,03 dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu menjadi 8,06. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran geometri dengan menggunakan teori Van Hiele dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD N 06 Kelurahan Kampung Lapai Kecamatan Nanggalo Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Teori Van Hiele
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 04 Aug 2025 06:07
Last Modified: 04 Aug 2025 06:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20123

Actions (login required)

View Item
View Item