Pengembangan Media Edugame dengan Bantuan Aplikasi Adobe Flash CS6 pada Materi Pengumpulan dan Penyajian Data Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Sari, Dela Monika (2021) Pengembangan Media Edugame dengan Bantuan Aplikasi Adobe Flash CS6 pada Materi Pengumpulan dan Penyajian Data Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_Dela_ Monika_ Sari_17129200_328_2022.pdf] Text
final_B1_6_Dela_ Monika_ Sari_17129200_328_2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari penggunaan media pembelajaran yang masih bersifat sederhana seperti media yang masih menggunakan buku guru dan buku siswa. Pemanfaatan teknologi seperti penggunaan PowerPoint dengan menggunakan proyektor masih sangat sedikit dalam proses pembelajaran. Pada aplikasi yang digunakan siswa dalam pembelajaran, guru tidak dapat mengetahui tingkat hasil belajar siswa. Berdasarkan observasi tersebut, peneliti tertarik untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis edugame pada materi pengumpulan dan penyajian data terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini termasuk pada jenis penelitian Research & Development dengan model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Tahapan model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahap: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas V SDN 08 Nan Limo Mudiak. Media pembelajaran diuji kevalidannya oleh tiga orang ahli yaitu ahli materi, ahli kebahasaan, dan ahli penyajian serta kegrafikan.
Hasil dari penelitian ini diperoleh sebuah media pembelajaran berbasis edugame dengan bantuan aplikasi Adobe Flash CS6 pada materi pengumpulan dan penyajian data untuk kelas V Sekolah Dasar. Hasil uji validitas media pembelajaran secara keseluruhan oleh tiga orang validator memperoleh nilai rata-rata 93,83% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji media pembelajaran ajar oleh guru dan peserta didik masing-masing diperoleh nilai 94% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis edugame dengan bantuan aplikasi Adobe Flash CS6 pada materi pengumpulan dan penyajian data untuk kelas V Sekolah Dasar sangat valid dan sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran matematika kelas V SD.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, edugame, model ADDIE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Gilang Maulana Rasyid
Date Deposited: 04 Aug 2025 06:06
Last Modified: 04 Aug 2025 06:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20117

Actions (login required)

View Item
View Item