Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Discovery Learning di Kelas IV SD Negeri 15 Ulu Gadut Kota Padang

Sunandar, Sunandar (2016) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Discovery Learning di Kelas IV SD Negeri 15 Ulu Gadut Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SUNANDAR_1209057_5791_2016.pdf] Text
final_B1_6_SUNANDAR_1209057_5791_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan bahwa guru belum sepenuhnya melibatkan siswa untuk mengajukan permasalahan dalam pembelajaran tematik terpadu, siswa kurang dilibatkan kearah pengalaman langsung, dalam pembelajaran siswa kurang untuk bertanya, dan tidak bekerja sama dalam kelompok diskusi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran tematik terpadu dengan model discovery learning di SD Negeri 15 Ulu Gadut Kota Padang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitianya adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 tahap yaitu: (1)Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru (peneliti) dan siswa dengan jumlah 24 siswa. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan pelaksanaan dan hasil tes. Sumber data adalah proses dan hasil pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu dengan model discovery learning. Teknik yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran aspek guru pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 81% dengan kualifikasi baik (B), meningkat pada siklus II menjadi 91% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Pelaksanaan pembelajaran aspek siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 81% dengan kualifikasi baik (B), meningkat pada siklus II menjadi 91% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 2,79 dengan predikat B-, meningkat pada siklus II menjadi 3,55 dengan predikat B+. Dengan demikian model discovery learning dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tematik Terpadu, Model Discovery Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 04 Aug 2025 06:06
Last Modified: 04 Aug 2025 06:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20115

Actions (login required)

View Item
View Item