Elvia, Elvia (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Eksperimen di Kelas IV SDN 20 Batu Hampar Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ELVIA_95233_734_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_ELVIA_95233_734_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ELVIA_95233_734_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar Negeri 20 Batu Hampar Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen. Dengan dilakukannya penelitian tindakan kelas menggunakan Metode Eksperimen di Sekolah Dasar Negeri 20 Batu Hampar Kecamatan Lubuk Basung ternyata hasil belajar siswa meningkat.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 20 Batu Hampar Kecamatan Lubuk Basung,teknik pengumpulan data yang digunakan adalah hasil pengamatan, tes hasil belajar.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA siswa Kelas IV SD Negeri 20 Batu Hampar, Siklus I Perolehan Skor rata-rata aspek kognitif 63,04, afektif 68,87, psikomotor 66,35, penilaian RPP 67,85, aspek guru 68,74, penilaian aspek siswa 65,62. Siklus II perolehan Skor aspek kognitif 78,47, aspek afektif 83, aspek psikomotor 82,60, penilaian RPP 83,92 aspek guru 84,37 dan aspek penilaian siswa 81,24. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | IPA, metode eksperimen, hasil belajar, penelitian tindakan kelas, peningkatan belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Mabruri Haulia Fadri |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 06:06 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 06:06 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20114 |