Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama dengan Pendekatan Realictics Mathematics Educations (RME) di Kelas IV MIN Koto Luar Kota Padang

Sumidarti, Sumidarti (2014) Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama dengan Pendekatan Realictics Mathematics Educations (RME) di Kelas IV MIN Koto Luar Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SUMIDARTI_09707_5809_2014.pdf] Text
final_B1_6_SUMIDARTI_09707_5809_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena hasil belajar siswa rendah pada pembelajaran penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama di kelas IV MIN Koto Luar. Hal ini terjadi karena guru kurang mengaitkan pecahan dengan dunia nyata siswa. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, bentuk pelaksanaan dan peningkatan hasil pembelajaran penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama dengan pendekatan RME di kelas IV MIN Koto Luar Kota Padang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus ada empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV MIN Koto Luar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar. RPP siklus I dari nilai 73% kriteria cukup, meningkat siklus II menjadi 86% kriteria sangat baik. Pelaksanaan pembelajaran, aktivitas guru siklus I dari nilai 77% kriteria baik, meningkat siklus II menjadi 88% kriteria sangat baik. Pelaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa siklus I dari nilai 73% kriteria cukup, meningkat siklus II menjadi 88% kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor siklus I diperoleh nilai 73 kriteria cukup, meningkat siklus II menjadi 86 kriteria sangat baik. Kesimpulan dengan menggunakan Pendekatan RME dapat meningkatkan hasil belajar penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pendekatan Realictics Mathematics Educations (RME)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 04 Aug 2025 06:05
Last Modified: 04 Aug 2025 06:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20110

Actions (login required)

View Item
View Item