Sulastri, Sulastri (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Pendekatan Inkuiri Dalam Pembelajaran IPA di Kelas V Sekolah Dasar Negeri SDN 05 Timbulun Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_SULASTRI_57084_1296_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_SULASTRI_57084_1296_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_SULASTRI_57084_1296_2013.pdf
Download (273kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan disekolah bahwa dalam proses pembelajaran guru cendrung menggunakan metode ceramah. Hal ini menyebabkan dalam pembelajaran siswa tidak aktif sehingga hasil belajar siswa rendah dan belum sesuai dengan yang diharapkan.Untuk mengatasinya dilakukan dengan menggunakan pendekatan Inkuiri.Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas.Penelitian ini menggunakan kulitatif dan kuantatif. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 05 Timbulun Kecamatan Sutera KabupatenPesisir Selatan. Data Penelitian ini diperoleh dengan menggunakan observasi,, dan tes. Penelitian dilaksanakan atas dua siklus, dimana masing�masing siklus terdiri atas 2 kali pertemuaan. Bedasarkan hasil penelitian perencanaaan pembelajaran diwujudkan dalam penyusunan RPP dan perangkat pembelajaran di mana siklus 1pertemuan 1 71% dan kualitatif pertemuan 2 82% hasil penilaian RPP meningkatnya, sedangkan dari siklus 2 pertemuan 1 82% dan pertemuan 2 89% hasil penilaian RPP masih tetap sama meningkat, Untuk aktivitas guru pada siklus 1 pertemuan 1 71% dan pertemuan 2 89% sama meningkat, sedangkan siklus 2 pertemuan 1 menurun75% maka pada siklus 2 pertemuan 2 sangat meningkat 93%. Untuk aktivitas siswa pada siklus 1pertemuan 1 75%, pertemuan 2 meningkat 92%, siklus 2 pertemuan 1 hasil penilaian menurun 71%,pertemuan 2 sama meningkat pada hasil penilaian siklus 1pertemuan 2. Hasil belajar siswa siklus 1 dengan rata-rata 64,2 (kategori) meningkat menjadi 74,6 dengan peningkatan 10,4 dengan ketentuan Siklus 1 61% pada siklis 2 75% Meningkat.Dengan demikian disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan inkuiri dalam meningkatan hasil belajar siswa V SDN 05 Timbulun Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pendekatan Inkuiri |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 06:04 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 06:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20105 |