Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual di Kelas IV SD Negeri 15 Koto Lalang Kecamatan Lubuk Kilangan Padang

Rikardo, Deki (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual di Kelas IV SD Negeri 15 Koto Lalang Kecamatan Lubuk Kilangan Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DEKI_RIKARDO_93774_2015_2012.pdf] Text
final_B1_6_DEKI_RIKARDO_93774_2015_2012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dilator belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswas di kelas IV SD sehingga standar ketuntasan dalam pembelajaran IPA yang diinginkan belum tercapai. Untuk mengatasinya dilakukan tindakan dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Dalam hal ini pendekatan kontekstual merupakan salah satu pendekatan yang sangat efektif dan efisien untuk dikembangkan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN 15 Koto Lalang Kecamatan Lubuk Kilangan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu aspek perencanaan, melakukan suatu tindakan rencana atau pelaksanaan, melakukan pengamatan terhadap tindakan dan melakukan refleksi atau perenungan terhadap perencanaan yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 15 Koto Lalang Kecamatan Lubuk Kilangan yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Instrument penelitian ini terdiri dari lembar penelitian rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Peningkatan dapat dilihat pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Pada aspek kognitif pada siklus I memperoleh skor rata-rata 60 (Cukup) meningkat menjadi 80 (Baik). Pada siklus I untuk aspek afektif diperoleh skor 72,85% dengan kualifikasi Baik (lampiran 36 halaman 271) meningkat menjadi 83,15% dengan kualifikasi Baik (lampiran 37 halaman 272) pada siklus II. Sedangkan pada aspek psikomotor diperoleh skor 73,6% dengan kualifikasi Baik (lampiran 38 halaman 273) pada siklus I meningkat menjadi 84,95% dengan kualifikasi Sangat Baik (lampiran 39 halaman 274) pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN 15 Koto Lalang Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar IPA, pendekatan kontekstual, pembelajaran aktif, SDN 15 Koto Lalang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Gilang Maulana Rasyid
Date Deposited: 04 Aug 2025 05:30
Last Modified: 04 Aug 2025 05:30
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20101

Actions (login required)

View Item
View Item