Penggunaan Metode Drill dalam Pembelajaran Tari Daerah Setempat di SMA Negeri 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat

Fadhlin, Azizi Maryam (2015) Penggunaan Metode Drill dalam Pembelajaran Tari Daerah Setempat di SMA Negeri 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_AZIZI_MARYAM_FADHLIN_5363_2015.pdf] Text
final_B1_6_AZIZI_MARYAM_FADHLIN_5363_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan metode drill dalam pembelajaran tari daerah setempat dikelas X.5 SMA Negeri 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat dan Mengetahui dan mendeskripsikan efektifitas penggunaan metode drill dalam pembelajaran tari daerah setempat di SMA Negeri 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan metode deskriptif analisis. Objek penelitian ini adalah kelas X.5 SMA Negeri 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat, dimana terdiri dari 36 orang siswa. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai observer dan alat bantu sesuai dengan lembar observasi dan instrumen hasil belajar. Data dikumpulkan melalui studi kepustakaan, observasi, dokumentasi dan tes perbuatan. Selanjutnya data dikumpulkan dengan teknik analisis data untuk diseleksi dan dianalisis kebenarannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode drill dalam pembelajaran tari daerah setempat di SMA Negeri 1 Kinali dalam 4 kali pertemuan berjalan dengan baik. Siswa termotivasi dalam belajar, hal ini dapat dilihat dari penggunaan metode drill dalam pembelajaran tari daerah setempat terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa pada setiap pertemuan dengan indikator memperhatikan guru, semangat belajar, berani berpendapat, mengikuti arahan, belajar teman sebaya, ketepatan gerak dan kelancaran gerak. Aktivitas belajar siswa pada pertemuan I adalah 41,8%, pertemuan II adalah 61% dan pertemuan III adalah 73,2%. Dengan demikian penggunaan metode drill dalam pembelajaran tari daerah setempat di SMA Negeri 1 Kinali dapat dikatakan efektif. Hal ini dapat dilihat dari tujuan pembelajaran tari daerah setempat tercapai dengan aspek penilain wiraga, wirama dan wirasa. Rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat dari 71,3 menjadi 80,7, kategori “tinggi” telah melewati batas nilai KKM.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Drill, Pembelajaran Tari
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Viola Alvina Santika
Date Deposited: 04 Aug 2025 05:30
Last Modified: 04 Aug 2025 05:30
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20097

Actions (login required)

View Item
View Item