Stevany, Ririntan (2014) Gambaran Pijakan Bermain di Sentra Persiapan Pendidikan Anak Usia Dini Islam Nibras Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_RIRINTAN_STEVANY_54379_3702_2014.pdf [thumbnail of final_B1_7_RIRINTAN_STEVANY_54379_3702_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_RIRINTAN_STEVANY_54379_3702_2014.pdf
Download (443kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di Pendidikan Anak Usia Dini Islam Nibras Padang dalam pelaksanaan proses kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan BCCT di sentra persiapan sudah baik, dalam pelaksanaan pembelajaran guru menggunakan empat pijakan bermain di sentra persiapan, dari segi pengajaran guru yang membimbing sudah menguasai cara pendekatan sentra, kegiatan pembelajaran yang di berikan guru sesuai perkembangan anak, guru memberikan anak kebebasan di dalam bermain sambil belajar di sentra persiapan, suasana pada saat pembelajaranpun sangat menyenangkan terutama di sentra persiapan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Pendidikan Anak Usia Dini Islam Nibras Padang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diperoleh dan dideskripsikan sesuai dengan realita dan apa adanya. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Dan teknik pengabsahan data menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran pijakan bermain di sentra persiapan Pendidikan Anak Usia Dini Islam Nibras Padang sudah berjalan dengan baik. Hal ini terbukti dari penelitian yang peneliti lakukakan dengan melihat empat pijakan bermain di sentra persiapan. Dalam pijakan lingkungan main guru mengelola lingkungan dan mendisplay permainan sesuai dengan jenis permainan dan jumlah anak. Pijakan sebelum main guru dan anak duduk melingkar, mengambil absen, dan bercerita. Sebelum bermain anak menyepakati aturan main dan guru menyampaikan harapannya. Guru selalu menerapkan transisi main. Pijakan selama bermain guru memberikan anak waktu untuk mengelola dan memperluas pengalaman main mereka. Guru sebagai motifator, fasilitator dan evaluator. Pijakan setelah main guru mendukung anak untuk mengingat kembali pengalaman mainnya dengan saling menceritakan pengalaman mereka
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BCCT, pijakan bermain, sentra persiapan, anak usia dini, PAUD Islam Nibras |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Lailatul Husni |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 05:30 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 05:30 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20096 |