Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Seni Tari di SMA Negeri 3 Painan dengan Menggunakan Metode Tutor Sebaya

Pertiwi, Fira (2023) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Seni Tari di SMA Negeri 3 Painan dengan Menggunakan Metode Tutor Sebaya. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_FIRA_PERTIWI_18332035_2159_2023.pdf] Text
final_B1_06_FIRA_PERTIWI_18332035_2159_2023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar seni budaya (Tari) di
SMA Negeri 3 Painan dengan menggunakan metode tutor sebaya.
siklus.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen
yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes yang diadakan pada saat
diakhir
Tekik
pengumpulan data dilakukan dengan cara
observasi/pengamatan, tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan aktifitas dan hasil
belajar siswa dengan menggunakan metode tutor sebaya pada pembelajaran seni
tari di SMA Negeri 3 Painan. Dapat dilihat Pada indikator peniliaian aktivitas
siswa pada siklus II sudah bagus setiap pertemuanya terlihat pada siklus II nilai
rata-rata-rata aktivitas siswa yaitu 83.6%, dengan jumlah siswa yang tidak tuntas
7 Orang dan yang tuntas 23 orang. Dan dapat dilihat nilai kognitif siswa tuntas
dengan persentase ketuntasan 80,33% dengan jumlah 25 siswa kriteria “tuntas”
dan 5 orang siswa tidak tuntas dengan kriteria ketuntasan 16.66%. Dan dapat
disimpulkan nilai rata-rata koognitif dan pisikomotorik di siklus II adalah 82,37.
Maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanna pembelajaran dengan penerapan
pembelajaran kooperatif tutor sebaya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 04 Aug 2025 05:29
Last Modified: 04 Aug 2025 05:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20095

Actions (login required)

View Item
View Item