Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui Penggunaan Pendekatan Kontruktivisme di Kelas V SDN 03 Muara Tais Tengah Kecamatan Mapat Tunggul

Ariani, Deka (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui Penggunaan Pendekatan Kontruktivisme di Kelas V SDN 03 Muara Tais Tengah Kecamatan Mapat Tunggul. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DEKA_ARIANI_93613_4176_2012.pdf] Text
final_B1_6_DEKA_ARIANI_93613_4176_2012.pdf

Download (603kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa dalam pembelajaran PKn yang dilakukan guru masih bersifat terpusat pada guru dan belum menempatkan siswa sebagai subjek belajar. Hal ini sangat berdampak sekali bagi siswa, siswa bosan dalam belajar, kurang termotivasi dalam pembelajaran dan kurang memahami konsep pembelajaran yang disajikan sehingga pembelajaran kurang menarik bagi siswa yang berakibat rendahnya hasil belajar PKn siswa. Untuk itu, diadakanlah suatu penelitian tindakan kelas, tujuannya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn Melalui Penggunaan Pendekatan Kontruktivisme Di Kelas V SD Negeri 03 Muara Tais Tengah Kecamatan Mapat Tunggul.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dengan jenis PTK. Penelitian dilakukan dua siklus, dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas V SD Negeri 03 Muara Tais Tengah Kecamatan Mapat Tunggul, dengan subjek penelitian berjumlah 19 orang, yang terdiri dari siswa laki-laki 8 orang dan siswa perempuan adalah 11 orang.
Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn Melalui Penggunaan Pendekatan Kontruktivisme, hal ini terlihat dari hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif terjadi peningkatan dari nilai rata-rata 72 pada siklus I menjadi 82 pada siklus II, pada ranah afektif meningkat dari nilai rata-rata 70 pada siklus I menjadi 77 pada siklus II dan pada ranah psikomotor meningkat dari nilai rata-rata 71 pada siklus I menjadi 77 pada siklus II.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, PKn, pendekatan konstruktivisme, pembelajaran aktif, siswa sekolah dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Gilang Maulana Rasyid
Date Deposited: 04 Aug 2025 05:27
Last Modified: 04 Aug 2025 05:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20081

Actions (login required)

View Item
View Item