Suhandoko, Suhandoko (2016) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Model PBL di Kelas V SDN 08 Parak Gadang Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_SUHANDOKO_1200627_5811_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_SUHANDOKO_1200627_5811_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_SUHANDOKO_1200627_5811_2016.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran tematik terpadu di SDN 08 Parak Gadang Kota Padangyang belum terlaksana dengan maksimal. Sehinga dilakukan upaya perbaikan proses pembelajran tematik terpadu dengan model problem based learning (PBL). Tujuan pembelajaran ini untuk mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran tematik terpadu dengan model problem based learning (PBL) dikelas V SDN 08 Parak Gadang. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 32 yang terdaftar pada semester II Tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, tes dan nontes di analisis dengan menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penilaian siklus I memperlihatkan rata-rata penilaian RPP 85,70% (B) dan pada siklus II 92,90% (AB). Nilai rata-rata aspek guru pada siklus I 79,56% (C) dan pada siklus II 90% (AB). Nilai rata-rata aspek siswa pada siklus I 79,54% (C) dan pada siklus II 95% (AB). Dengan demikian dapat dikatakan model problem based learning dapat meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 08 Parak Gadang Kota Padang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tematik Terpadu, Model PBL |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 05:27 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 05:27 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20080 |