Meilyendri, Dedet (2013) Kontribusi Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Perakitan Elektronika Siswa Kelas X Jurusan Teknik Elektronika SMK Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_DEDET_ MEILYENDRI_13781_3498_2013.pdf [thumbnail of final_B1_06_DEDET_ MEILYENDRI_13781_3498_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_DEDET_ MEILYENDRI_13781_3498_2013.pdf
Download (839kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Teknik Perakitan Elektronika siswa kelas X Jurusan Teknik Elektronika SMK Negeri 5 Padang, dimana 34,15% siswa mendapatkan nilai hasil belajar dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM yang ditetapkan sekolah pada mata pelajaran Teknik Perakitan Elektronika yaitu 75 dengan rentang nilai 0 – 100. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan kontribusi motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Teknik Perakitan Elektronika siswa kelas X Jurusan Teknik Elektronika SMK Negeri 5 Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian berjumlah 82 orang dan sampel berjumlah 45 orang siswa kelas X Jurusan Teknik Elektronika SMK Negeri 5 Padang Tahun Pelajaran 2012/2013. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (Simple random sampling). Data hasil belajar siswa diperoleh dari guru mata pelajaran Teknik Perakitan Elektronika SMK Negeri 5 Padang. Sedangkan data motivasi belajar dan lingkungan belajar dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data di analisis menggunakan metode statistik dengan bantuan software Microsoft Excel 2007 dan SPSS Version 16. Hasil analisis data menunjukkan: (1) motivasi belajar memberikan kontribusi sebesar 35,75% terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 5 Padang Tahun Pelajaran 2012/2013; (2) Lingkungan belajar memberikan kontribusi sebesar 20,09% terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 5 Padang Tahun Pelajaran 2012/2013; (3) Motivasi Belajar dan lingkungan belajar secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 40,14% terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 5 Padang Tahun Pelajaran 2012/2013. Jadi dapat disimpulkan bahwa Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar berkontribusi terhadap hasil belajar, semakin tinggi motivasi belajar dalam proses belajar mengajar dan semakin baik lingkungan belajar, maka hasil belajar akan semakin tinggi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Lingkungan Belajar, Hasil Belajar, Deskriptif Korelasional, Simple Random Sampling. |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Assariy Ramdhani |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 05:26 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 05:27 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20073 |