Novelina, Ririn (2011) Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Ular Tangga Raksasa di TK Jannatul Ma`wa Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_RIRIN_NOVELINA_88492_50_2012.pdf [thumbnail of final_B1_7_RIRIN_NOVELINA_88492_50_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_RIRIN_NOVELINA_88492_50_2012.pdf
Download (411kB)
Abstract
Kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan di TK Jannatul Ma`wa Padang masih rendah. Hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman anak terhadap pengenalan konsep bilangan secara langsung selain itu kurangnya kemampuan guru dalam menciptakan dan memvariasikan media pembelajaran serta rendahnya kemampuan guru dalam mengelola kegiatan belajar sambil bermain sehingga membuat anak menjadi bosan dan kurang berminat dalam mengenal konsep bilangan. Karena pembelajaran guru kurang bervariasi sehingga kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan kurang berkembang oleh karena itu peneliti menggunakan ular tangga raksasa untuk meningkatkan konsep bilangan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian TK Jannatul Ma`wa Padang pada kelompok B2 yang berjumlah 18 orang anak, 8 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi dan selanjutnya diolah dengan teknik persentase.
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian di setiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan anak, dari siklus I yang pada umumnya masih terlihat rendah dan belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sehingga penelitian perlu dilanjutkan pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus II kemampuan anak mengenal konsep bilangan menunjukkan hasil yang positif, terlihat dengan tercapai nya Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang meningkat sangat baik. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan anak mengenal konsep bilangan melalui permainan ular tangga raksasa di TK Jannatul Ma`wa Padang meningkat
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | konsep bilangan, permainan ular tangga raksasa, anak usia dini, pembelajaran TK |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Lailatul Husni |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 05:25 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 05:25 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20065 |