Peningkatan Hasil Belajar Jaring-jaring Balok dan Kubus Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning ( CTL) di Kelas IV SD Negeri 12 Bukit Cangang Kota Bukittinggi

Suhesti, Yuanis (2017) Peningkatan Hasil Belajar Jaring-jaring Balok dan Kubus Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning ( CTL) di Kelas IV SD Negeri 12 Bukit Cangang Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_YUANIS_SUHESTI_1204988_1204988_627_2017.pdf] Text
final_B1_06_YUANIS_SUHESTI_1204988_1204988_627_2017.pdf

Download (445kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh informasi hasil belajar dalam pembelajaran jaring-jaring balok dan kubus di kelas IV SD Negeri 12 Bukit Cangang Kota Bukittinggi masih rendah. Hal ini disebabkan dalam pembelajaran jaring-jaring balok dan kubus guru belum mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari siswa. Tujuan penelitian adalah untuk mendiskripsikan bentuk perencanaan, pelaksanaan, dan peningkatan hasil belajar siswa tentang jaringjaring balok dan kubus dengan menggunakan pendekatan CTL
Jenis penelitian ini adalah penelitin tindakan kelas (PTK), dan menggunakan pendekatan kualitatif dn kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 12 Bukit Cangang Kota Bukittinggi dengan jumlah siswa 30 orang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Rancangan penelitian ini meliputi, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan/observasi, dan (4) refleksi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan terhadap RPP yang dapat dilihat dari persentase perolehan pada siklus I yaitu 76,8% meningkat pada siklus II yaitu 83,9%. Kemudian hasil penilaian terhadap pelaksanaan tindakan guru juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I yaitu 69,6% meningkat menjadi 85,7% pada siklus II. Sedangkan hasil penilaian terhadap pelaksanaan tindakan siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I yaitu 66,2% menjadi 85,5% pada siklus II. Berdasarkan hasil belajar siswa mendapat perolehan ratarata pada siklus I 74,92 meningkat pada siklus II menjadi 83,43. Jadi dapat disimpulkan pembelajaran jaring-jaring balok dan kubus menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jaring-jaring Balok, Contextual Teaching and Learning ( CTL), Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fini Alya Putri
Date Deposited: 04 Aug 2025 05:25
Last Modified: 04 Aug 2025 05:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20062

Actions (login required)

View Item
View Item